Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Waspada

Infobmr.com, BOROKO  –  Cuaca buruk yang akhir-akhir terus menerpa wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) membuat risau sejumlah warga. Pasalnya curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencang membuat sejumlah warga harus ekstra hati-hati untuk beraktifitas diluar rumah.

Hal ini pun ikut dirasakan sejumlah Nelayan yang ada di Bolmut, kondisi cuaca yang tidak menentu membuat mereka harus menambatkan perahunya di pinggiran pantai.

“Sejak pertengahan tahun 2016 cuaca mulai tidak menentu, kadang terlihat cerah namun tiba-tiba bisa turun hujan yang disertai gelombang setinggi satu sampai dua meter. Karenanya saat ini kami jarang melaut, yang biasanya dalam satu minggu bisa beroperasi sebanyak lima kali. Namun saat ini ini tinggal dua sampai tiga kali melaut, hal ini tentu berakibat pada pendapatan kami.” Ujar Uto salah seorang Nelayan warga Boroko Timur itu

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Victor. N. Nanlesy, S.Pi, M.Si, yang dimintai tanggapannya, kamis (01/12/2016) mengatakan bahwa saat ini kondisi cuaca Bolmut sedang tidak bersahabat, karenanya dihimbau kepada para Nelayan untuk memperhatikan dengan jeli cuaca yang ada sebelum turun melaut.

“Pada dasarnya saya tidak bisa melarang para Nelayan untuk tidak melaut, hanya saja dengan cuaca buruk berupa curah hujan yang tinggi, angin kencang serta gelombang yang mencapai dua meter. Maka sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya para Nelayan bisa jeli dalam menentukan waktu melaut, dan hal ini semata-mata untuk keselamatan mereka.” Terangnya

Senada dengan hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Drs. Musliman Datukramat yang dihubungi terpisah menyatakan jika cuaca buruk ini adalah bagian dari fenomena La Nina.

“La Nina yang sudah terjadi sejak awal tahun 2016 ini masih terus berlanjut hingga saat ini, bahkan baru-baru ini BMKG (Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika) Pusat telah memperkirakan fenomena La Nina atau cuaca buruk yang disertai angin kencang dan curah hujan yang tinggi ini masih berlanjut hingga akhir bulan Dersember 2016. Karenanya diharapkan warga Bolmut bisa mengurangi aktivitas diluar rumah yang bisa membahayakan keselamatan mereka, dan tetap waspada atas segala kemungkinan yang bisa terjadi.” Ujar mantan Kabag Ekbang itu (Chan)

Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Waspada

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...