Bolmut Jadi Contoh Penanganan Stunting

Infobmr.com, BOROKO – Dalam penanganan kasus Stunting, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tampaknya tidak main-main. Sejak Pemerintah pusat mencanangkan penanggulangan Stunting secara nasional, Pemkab Bolmut segerah melakukan langkah kongrit dalam penaggulangan kasus tersebut.

Ketua Tim Penanggulangan Stunting Bolmut Abdul Nazarudin Maloho mengatakan, Jika tidak ditangani dengan baik, persoalan stunting yang masif dapat menganggu produktivitas di daerah dan mengancam masa depan generasi muda. Stunting berdampak negatif pada daya tahan dan kecerdasan anak secara jangka panjang.

“Untuk itu, kita dituntut serius menangani kondisi terpuruk akibat stunting dikemudian hari”, terang Nazarudin, kepada sejumlah wartawan Rabu, (24/06/2020).

Lebih lanjut Nazarudin mengatakan, Bolmut menjadi contoh penaggulangan Stunting di Sulawesi Utara. indikatornya, dalam pelaksanaannya, Bolmut sudah masuk pada tahap ke- empat, jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di sulut. Saat ini mereka baru sedang memulai langkah penaggulangan.

Ditempat yang sama, Sekretaris Tim Penanggulangan Stunting Bolmut. dr Jusnan Mokoginta, MARS., mengatakan, kasus Stunting di Bolmut terus mengalami penurunan.

Kasus Stunting di Bolmut 43% ditahun 2017, turun derastis menjadi 16,5% di tahun 2020. Keberhasilan ini lanjut Jusanan berkat kerjasama meluai intervensi sensitif yang melibatkan beberapa SKPD, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan lebaga keperempuanan, selain itu, peran DINKES melalui intervensi Spesifik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari peran tersebut.

Jusnan membeberkan, untuk penanggulangan stusnting di tahun 2021 nanti, Pemda Bolmut akan menggolontorkan anggaran sebesar 10 milyar rupiah. [dan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...