Bupati Perintahkan Hansip di Aktifkan

(Info BMR) BOROKO – Guna menangkal adanya ganguan keamanan dan ketertiban di masyarakat (Baca; Kamtibmas) di Kabupaten Bolmong Utara (baca; Bolmut), Pemerintah setempat melalui Bupati Drs Depri Pontoh
meminta kepada aparat Desa untuk dapat mengaktifkan lagi fungsi dari
Pos Keamanan Lingkungan (baca; Poskamling) termasuk para anggota
Pertahanan Sipil (baca; Hansip) di tiap-tiap Desa.

Hal ini diungkapkan Bupati menyusul adanya sejumlah persoalan
Kamtibmas yang terjadi disejumlah wilayah yang ada di sulut. Tak hanya itu, fungsi dari poskamling ini pula untuk menangkal masuknya kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (baca; ISIS).

“Selain mengantisipasi adanya kejahatan, seperti pencurian kendaraan dan kejahatan criminal lainnya, Poskamling ini pun untuk lebih meningkatkan pengawasan terkait pergerakan kelompok ISIS. Karena Bolmut, rentan dimasuki oleh kelompok itu, menginggat bolmut terdapat akses jalan darat penghubung antar provinsi di Sulawesi,” ujarnya.

Dia berharap, kerjasama yang baik antara pemerintah desa, dan seluruh
elemen masyarakat di Bolmut untuk secara bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di daerah. “Kamtibmas adalah tangungjawab kita bersama untuk menjaganya. Hindari hal-hal yang mengakibatkan tergangunya Kamtibmas ini. Khususnya perpecahan yang disebabkan oleh kelompok-kelompok yang tidak menginginkan daerah ini aman,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (baca; KNPI) Bolmut, Rusmin Mokodompis mengatakan, jika elemen pemuda siap menjadi garda terdepan dalam mengawal kamtibmas di Bolmut. “Soal keamanan daerah itu menjadi tanggungjawab semua masyarakat di bolmut, dan sebagai kelompok muda di daerah kami siap menajdi yang terdepan dalam menyukseskan Bolmut sebagai daerah yang aman dan nyaman,” kata dia.

Senada dengan itu, Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid
Indonesia (baca; BKPRMI) Bolmut. Djunaidi Harundja, juga mengatakan,
untuk menangkal ganguan kamtibmas serta terkait isu keberadaan ISIS
yang kini mulai menyerbar di wilayah nusantara, tentu perlu mendapat pengawasan yang maksimal. Dan selain hal itu menjadi tugas pemerintah serta aparat hokum terkait, masyarakat juga memiliki andil penuh dalam menjaga kemanan dan kenyamanan daerah. “Kami pun siap untuk mengawal Bolmut tetap aman dan tentram dari hal-hal yang bisa mengakibatkan ganguan kamtibmas termasuk ganguan dari ISIS,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (baca; Kesbagpol) Bolmut, Tamrin Daun menegaskan, jika keberadaan ISIS di Bolmut sejauh ini belum ada. “Dari pemantauan serta pengamatan kami dilapangan, Bolmut masih aman dari kelompok ISIS ini. Tapi kami berharap kerjasamanya dengan masyarakat. Jika ada kelompok atau orang yangbdicurigai merupakan anggota kelompok militant tersebut, maka segerah hubungi pemerintah desa, atau aparat hukum terkait,” himbaunya.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...