Gambar Ilustrasi Pengeboman Ikan

Bom Ikan Masih Marak di Perairan Bolmut

Butuh Perhatian Serius

infobmr.com, BOROKO  – Praktek penangkapan ikan dengan cara-cara tidak benar, nampaknya masih terjadi di perairan laut Kabupaten Bolmut. Terlebih pada masalah penangkapan ikan dengan mengunakan Bom olah oknum-oknum nelayan nakal. Hal ini pun mulai menaruh perhatian sekaligus kekhawatiran dari masyarakat khususnya nelayan tentang makin terpuruknya kondisi laut Bolmut yang terus dijarah hasil alamnya dengan cara-cara yang tidak etis tersebut.

Seperti diungkapkan oleh Arfan Molamahu salah satu nelayan yang ada di kecamatan Bolangitang Barat. Ia mengakui bawah aktifitas penangkapan ikan dengan cara illegal terutama mengunakan Bom kini mulai marak lagi terjadi diwilayah perairan laut di kecamatannya.

“Padahal sudab mulai bagus, tidak ada lagi nelayan yang peke bom saat melaut. Tapi sekerang ini sudab mulai ada lagi nelayan-nelayan yang tangkap ikan peke bom, tentunya hal itu sangat menganggu dan mengancam mata pencaharian kami nelayan tradisional,” ungkap Arfan.

Lanjut ayah dengan tiga orang anak itu mengatakan bahwa, tak hanya nelayan-nelayan yang ada di kecamatan Bolangitang yang mulai resah dengan adanya oknum-oknum nelayan nakal itu, namun beberapa nelayan di kecamatan lainnya pun mulai mengeluhkan aktifitas illegal fishing tersebut.”sudah banyak yang mengeluh, kami harap keluhan kami ini bisa mendapat respon dari pemerintah atau instansi teknis terkait agar keberadaan oknum-oknum nelayan nakal itu bisa ditindak tegas,” harapnya.

Menangapi hal tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bolmut Victor Nanlessy mengatakan bahwa pihaknya segerah menindaklanjuti keluhan masyarakat nelayan tersebut. “Kami sudah dapat informasinya dan kini masalah ini tengah kami lakukan pengintaian,” kata Nanlessy.

Dia menegaskan bahwa tidak ada toleransi bagi oknum-oknum yang melakukan illegal fishing, apalagi yang menangkap ikan dengan cara di bom. “kita tidak memberi toleransi bagu nelayan yang nakal, apalagi menangkap ikan pake bom pastinya akan ada tindakan tegas sesuai hukum yang ada,” pungkasnya. (dan)

 

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...