Bolmut Tetapkan Program Pengendalian Penduduk

Infobmr.com, BOROKO  –  Setelah mengalami perubahan status dari Badan menjadi Dinas, yakni Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Bolmut fokuskan program pengendalian jumlah penduduk.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala DPPKBPPPA Hj. Siti A Sabriana Buhang,  S.Pd M.Kes kepada reporter media Infobmr.com, Selasa (10/01/2017) bahwa tahun ini pihaknya memfokuskan program pengendalian penduduk dengan menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

“Fokus kami pada tahun 2017 adalah program pengendalian penduduk dengan menggunakan MKJP yang bertujuan untuk mengontrol pembludakan jumlah penduduk. Karenanya dalam program ini kami tetap menggunakan slogan Dua Anak Lebih Baik, tujuannya agar setiap anak bisa mendapatkan asupan pendidikan, kesehatan serta kasih sayang yang cukup dari orang tua.” Terangnya

Buhang pun melanjutkan jika nantinya akan tersedia petugas medis yang sudah terlatih untuk melakukan MKJP dengan berupa Inplan dan IUD ke masyarakat setempat.

“Kelebihan MKJP (Inplan atau IUD) adalah bisa berlangsung lama dan tidak ada kelemahan didalamnya, sehingga sangat ampuh bagi keluarga yang ingin menunda kehamilan. Berbeda halnya dengan penggunaan alat kontrasepsi berupa Kondom yang masih memungkinkan kehamilan karena pori-porinya bisa bocor, ataupun dengan cara Suntik dan Pil KB yang setiap saat bisa dilupakan karena harus dilakukan secara rutin. Karenanya untuk memuluskan hal tersebut, setiap bulannya akan ada kunjungan ke masyarakat ditiap-tiap kecamatan. Dan sembari menunggu target yang ditetapkan Pemerintah Pusat, kami masih mengacu pada target tahun lalu yakni 15 ribu orang.” Ungkapnya

Pun demikian, dirinya mengaku masih banyak orang tua yang enggan mengikuti metode kontrasepsi jangka panjang ini. Penyebab utamanya karena komunikasi internal antara suami isteri serta kurangnya perhatian keluarga terhadap kesehatan ibu dan anak. Oleh karena itu, dirinya berharap masyarakat bisa mendukung penuh program ini agar ibu tetap sehat dan anak yang dihasilkan bisa terjamin kesehatan beserta mutu pendidikannya. (Chan)

Baca Juga

Pro Kontra Pengisian Jabatan Pejabat Eselon III

Handuk Melorot, Bidan Cantik Nyaris Diperkosa

Pemkab Bolmut Persiapkan Berdirinya Kampus Politeknik Maritim

Diduga Palsu, Ijazah Sangadi Tuntung Timur Disoal

Banggar DPRD dan TAPD Gelar Rapat Tindak Lanjut Hasil Evaluasi APBD 2017 Bolmut

Bolmut Bakal Promosikan Dua Destinasi Wisata Unggulan Tahun Ini

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...