Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Aktrida Indah Datunsolang
Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Aktrida Indah Datunsolang

Bolmut Masih ‘Miskin’ Tenaga Pendidik

Infobmr.com, BOROKO – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati di setiap tanggal 2 Mei rupanya belum bisa dimaknai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Terbukti, nasib pendidikan di Bolmut masih sangat memiriskan.

Terpantau, kurangnya tenaga pendidik di Bolmut berdampak kurangnya penyerapan pendidikan terhadap ribuan anak di Bolmut alhasil, Sumber Daya Manusia (SDM) Bolmut masih bertengger diurutan ketiga belas dari lima belas kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

“Sangat miris apa yang dialami oleh putra-putri daerah dalam mengenyam pendidikan dibangku sekolah. Tidak heran Bolmut masih berada pada peringkat ketiga terbawah dari lima belas kabupaten-kota se Sulut. Faktornya adalah tenaga pendidik yang kurang handal, kurang professional dan kurang maksimal padahal tidak sedikit uang Negara yang dialokasikan pada pendidikan,” ungkap pemerhati pendidikan Bolmut Fajri Buhohang

Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh saat membuka seminar pendidikan keluarga Senin kemarin, mengakui masih kurangnya tenaga pendidik di Bolmut. “Saya mengingatkan kepada instansi terkait, agar dalam melakukan mutasi guru perlu melakukan kordinasi bersama Instansi Pendidikan. Sebab, bisa saja guru yang minta mutasi sekolahnya masih mengalami kekurangan guru,”  ungkap Pontoh.

Ketua komisi satu Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut Aktrida Indah Datunsolang ST berjanji akan terus memperjuangkan persoalan pendidikan putra-putri Bolmut. “Kami segera melakukan kordinasi bersama BKDD Bolmut agar tahun berikutnya tenaga pendidik lebih diprioritaskan saat perekrutan CPNS tahun mendatang. Mengingat, kebutuhan daerah soal pendidikan sangat diutamakan agar Bolmut masih bisa naik posisi teratas SDM tertinggi se-kabupaten-kota,” ungkapnya

RAMDAN BUHANG

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...