Gambar Ilustrasi

Bolmut Koleksi 130 Balita Kurang Gizi

Infobmr.com, BOROKO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) menyatakan sebanyak 130 Balita, saat ini mengalami kurang gizi sehingga harus mendapat perhatian secara khusus.

Kadis Kesehatan (Dinkes) Bolmut dr Jusnan Mokoginta MARS mengatakan, sesuai data Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskes) di enam kecamatan di kabupaten Bolmut ini tercatat 130 balita kekurangan gizi.

“Dinkes telah berupaya maksimal. Namun, terkadang kasus kurang gizi dan bahkan gizi buruk disebabkan karena adanya penyakit ikutan atau penyerta,” ujarnya senin (01/03/2016).

Dia menjelaskan,ratusan balita kurang gizi tersebut saat ini sedang mendapat pengawasan ketat dari Dinas Kesehatan Bolmut. Menurut dia lagi, secara umum, kurang gizi disebabkan oleh banyak faktor. Namun, mayoritas dari temuan kasus di Bolmut disebabkan oleh tingkat ekonomi dari keluarga balita. Sebab, ekonomi yang rendah sangat berpengaruh pada asupan gizi yang diberikan pada balita. ”Oleh karena itu, Dinkes akan lebih gencar lagi dalam memaksimalkan fungsi posyandu yang sangat berperan dalam memantau perkembangan kesehatan balita,” ujarnya.

Jusnan menambahkan pihak Dinkse Bolmut, saat ini masi belum maksimal untuk mengatasi kurang gizi ini, disebabkan anggaran yang diberikan hanya sedikit, namun Dinkes akan tetap berusaha menangani masalah itu. ”Meski keterbatasan anggaran kami telah menugaskan para petugas kesehatan di puskesmas dan kader posyandu untuk turun langsung ke lapangan guna mendata dan memantau kesehatan balita,” tukasnya.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...