Lagi…! Bolmut Keciprat 8 Milyar Dana Bencana Alam

Infobmr.com, BOROKO  – Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dalam meningkatkan kenyamanan  dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur yang handal terus digenjot. Hal itu ditindaklanjuti dengan lobi-lobi anggaran ke Pemeintah Pusat, baik yang dilakukan oleh eksekutif dan Legislatif pun membuahkan hasil.

Tebukti, tahun 2017 mendatang, Bolmut kembali keciprat anggaran DAK sebasar 8 Milyar untuk penanggulangan bencana, setelah sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum peroleh 100 Milyar dari pemerintahan Jokowi-JK

Kepala BPBD Drs. Musliman Datukramat kepada reporter media Infobmr.com, Selasa (29/11/2016) bahwa bantuan Rp 8 Miliar yang berasal dari Pemerintah Pusat itu diperuntukkan bagi rehabilitasi rekonstruksi untuk tanggul penahan arus sungai di Desa Jambusarang dan tanggul penahan abrasi pantai di Desa Kuala Utara.

“Dana Rp 8 Miliar itu sudah diusulkan sejak tahun 2015 di Kementerian Keuangan. Hal ini sudah ditindaklanjuti dengan penandatanganan sekaligus penyerahan SPPH (Surat Pernyataan Perjanjian Hibah.red) oleh Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh. di Sulawesi Utara hanya ada 4 kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan ini, yaitu Kabupaten Bolsel Rp 5 Miliar, Talaud Rp 12 Miliar, Bolmut 8 Miliar, dan Kota Manado 14 Miliar.”  Papar Musliman

Dia pun memastikan jika tanggal 15 Desember 2016 dana tersebut sudah masuk ke Kas Daerah yang selanjutnya akan dialihkan ke DPA (Dokumen Pelaksana Anggaran.red) BPBD.

“Setelah masuk ke DPA BPBD, maka saat itu pula akan dimulai proses pembangunan kedua tanggul tersebut. Dan sesuai dengan SPPH, maka proses pembangunan ini akan berlangsung selama satu tahun sejak di tandatanganinya surat tersebut yakni dari tanggal 24 November 2016 hingga 2017 mendatang.”

Disamping itu dirinya menambahkan jika Anggaran untuk bencana Puting beliung di Desa Binjeita II sudah diusulkan ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sebesar Rp 5,2 Miliar dan saat ini sudah mendapat tanggapan positif dari Pemerintah Pusat, sehingganya dipastikan bisa dicairkan dalam waktu dekat. (Chan)

Lagi…! Bolmut Keciprat 8 Milyar Dana Bencana Alam

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...