Bolmong Utara Peringati Hardiknas

(Info BMR) BOROKO – Hari kelahiran Ki hajar  Dewantoro, pendiri Taman Siswa, yang dikenal sebagai hari Pendidikan Nasional diperingati Bupati Bolmong Utara, Sabtu (2/5). Bupati Bolmong  Utara, Drs. Hi Depri Pontoh, bertindak sebagai pembina upacara Hardiknas yang mengangkat tema Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuh Generasi Berkarakter Pancasila yang bertempat di Halaman Kantor Bupati.

Sambutan Mendikbud RI yang dibacakan oleh Depri menyampaikan, apresiasi pada semua pelaku pendidikan dimanapun berada, yang telah mengambil peran aktif untuk mencerdaskan saudara sebangsa. Untuk para pendidik di semua jenjang, yang telah bekerja keras membangkitkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia berkarakter mulia, yang mampu meraih cita-cita dan menjadi pembelajaran sepanjang hidup.

Berkaitan dengan tema peringatan Hardiknas tahun 2015, Menteri mengatakan Kata kunci dari tema tersebut adalah “Gerakan”, Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu, pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat.

“Kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa, masyarakat merasa memiliki, Pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan Ormas atau LSM mengorganisir. Berbeda dengan sekedar ‘Program’ yang perasaan memiliki atas kegiatan hanya terbatas pada para pelaksanaan program, sebuah “Gerakan” justru ingin menumbuhkan rasa memiliki pada semua kalangan,” ujar Bupati mengutip sambutan Menteri.

Menteri mengajak semua pihak untuk merasa peduli, merasa memiliki atas problematika pendidikan agar semua bersedia menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyelesaikan problematika itu. Menteri Juga menegaskan kembali Kareakter Pancasila yang menjadi tujuan pendidikan Nasional dan untuk menumbuh kembangkan potensi anak didik seperti itu memerlukan karakteristik pendidik dan suasana pendidikan yang tepat.

Foto-II

Upacara tersebut dimeriahkan dengan persembahan seni dan budaya yang dibawakan oleh Siswa/Siswi SD dan PAUD. Turut hadir diupacara Hardiknas oleh Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot  SH, Sekkab Drs. Hi. Reky Posumah, M.Si, Wakil Ketua DPRD Arman Lumoto, S.Ag, M.Pdi, Pejabat Eselon II, III dan IV beserta segenap Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...