Farham Patadjenu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Bolmong Utara

BKP Warning Makanan Berformalin

Infobmr.com, BOROKOKepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Farham Patadjenu melalui Kepala Bidang keamanan kerawanan pangan Santi P. Syamsudin, SP, MP menghimbau kepada waraga bolmut untuk terus waspada terhadap bahaya makanan berformalin.

Pasalnya saat ini banyak pedagang jajanan yang berusaha meraup keuntungan dengan cara curang secara senagaja menaru zat-zat tertentu untuk membuat jualannya terlihat lebih segar.

Berdasarkan temuan tahun sebelumnya Samsudin mengatakan bahwa pihaknya menemukan adanya makanan cepat saji yang terbukti mengandung formalin dan boraks ditemukan pada salah satu pedagang Mie Bakso keliling. “Saat ini kami belum menemukan adanya makanan yang terindikasi menggunakan bahan kimia, namun tahun 2015 kemarin kami pernah menemukan padagang mie bakso keliling yang menggunakan boraks” ujarnya

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mengantisipasi adanya makanan yang mengadung zat-zat berbahaya pihaknya rutin melakukan pemeriksaan pangan yang dijadualkan  tiga bulan sekali. Dia pun dan Ciri-ciri khusus makanan yang terindikasi kena zat kimia biasanya kelihatan lebih cerah, segar, dan lebih berwarna. “Namun hal itu tidak selamanya menjadi landasan dalam menentukan ada atau tidaknya kandungan kimia dalam makanan. harus ada uji Repites (Pendeteksian zat kimia, red) terhadap makanan tersebut” ujar ibu yang hobi menanam itu. (tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...