Bawaslu Bolmut Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Kampanye Pilgub 2020

Infobmr.com, BOLMUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar rapat koordinasi pengawasan kampanye pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), di Gedung Serba Guna Tombulang Pantai, Kecamatan Pinogaluman, Selasa (06/10/2020).

Divisi Pengawasan Hubungan antar-Masyarakat (Humas) dan Hubungan antar-Lembaga (Hubal), Ben Henser Enok, dalam sambutannya menyampaikan pengarahan kepada seluruh jajaran pengawas harus memahami bagaimana tata laksana pelaksanaan tahapan Pilgub 2020 yang sesuai dengan protokol kesehatan demi menghindari Covid-19.

“Bahwasanya seluruh jajaran pengawas harus menyusun Indeks Kerawanan Pilgub. Pada masa Covid-19 ini, masing-masing dari kita juga harus memperkuat Indeks Kerawanan Kesehatan demi amannya seluruh jajaran Bawaslu dari Covid-19,” katanya.

Tak hanya itu, Eben juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Bawaslu, Panwaslu Kecamatan serta Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), agar lebih memperhatikan gerak pengawasan kampanye pada pilgub ini.

“Selain kita harus patuh dan taat terhadap protokol kesehatan, juga yang perlu saya tekankan disini terkait dengan regulasi pelaksanaan Pilgub 2020,” kata Ben.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bolmut yang diwakili oleh Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Michael S Marwan, selaku narasumber pada kegiatan ini menyampaikan, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (P-KPU) Nomor 13 Pasal 88C Tahun 2020 terkait metode kampanye apa saja yang tidak diperbolehkan.

“Partai politik atau gabungan parpol, pasangan calon, tim kampanye dan pihak lain dilarang melaksanakan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 57 Huruf G,” tegasnya.

Adapun isi pasal yang dimaksud antara lain meliputi perlombaan, rapat umum, kegiatan konser musik atau pentas seni, kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai atau sepeda santai dan peringatan hari ulang tahun partai politik. (Tr.05)

Editor: Kristianto Galuwo

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...