Penyemprotan nyamuk dewasa di Desa Boroko Timur oleh Petugas Dinkes Bolmut

Atasi DBD, Dinkes Bolmut Gencar Lakukan Fogging

Infobmr.com, BOROKO  –   Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) langsung menanggapi serius terkait dua kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menimpa seorang ibu rumah tangga asal Desa Kuala dan anak umur 7 tahun di Desa Boroko Timur.

Rentetan kasus DBD yang terjadi di wilayah Kecamatan Kaidipang itu sontak menggegerkan warga, hingga membuat mereka waspada akan wabah susulan.

Khawatir akan bertambahnya korban, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut melalui Dinas Kesehatan langsung menerjunkan tim fogging di lokasi yang terkena wabah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bolmut, Yani Lasama, kepada media ini, Jum’at (24/11/2017) mengatakan, tindakan fogging atau penyemprotan nyamuk Aedes Aegypti ini adalah tanggapan atas dua kasus DBD yang terjadi baru-baru.

“Sebelum melakukan fogging, lebih dulu yang dilakukan adalah PSM atau Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan menggunakan metode abatesasi (racun, red) bagi genangan-genangan air. Sehingga yang mati adalah jentik-jentik nyamuk, kemudian dilanjutkan dengan penyemprotan bagi nyamuk dewasa,” terangnya

Lebih lanjut dia mengatakan, penyemprotan ini dilakukan pada radius 150 meter dari lokasi korban DBD.

“Sehari sebelum dilakukan penyemprotan, kami sudah memberi tahu warga, sehingga mereka sudah siap di fogging. Karena penyusun yang terkandung dalam asap tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan, jika residu kimia yang masuk ke tubuh terlalu banyak. Oleh sebab itu harus ada kriteria khusus sebelum dilakukan penyemprotan,” ujar isteri salah satu Anggota DPRD Bolmut itu. [chan]

Atasi DBD, Dinkes Bolmut Gencar Lakukan Fogging

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal China bernama “Ryze Tech” menjual ...