BUTUH PENANGAN SERIUS : Lokasi pasar Boroko yang masih menggunakan badan jalan dan menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah (Foto : Ramdan Buhang/Info BMR

Astaga Limbah Pasar Boroko Dibuang Ke Laut

(Info BMR) BOROKO – Sudah menggunakan badan jalan, sampah alias limbah pasar yang dihasilkan pedagang pasar tradisional Boroko dibuang ke laut. Langkah jelek itu ternyata sudah dilakoni pedagang sejak lama. Agar sampah tak menumpuk, mereka membuang sampah ke laut yang jaraknya hanya sekira 100 m.

“Tidak ada mobil sampah yang menjemputnya, dari pada menumpuk kami buang saja ke laut,”ujar Om Tam, salah seorang pedagang.

Perilaku tak terpuji itu mendatangkan decak keheranan oleh pemerhati Pembangunan Bolmut, Cristoffel Popo Buhang. Menurutnya, sudah saatnya lokasi pasar perlu mendapat perhatian serius oleh Pemkab Bolmong Utara. Sebab, permasalahan ini sudah membuncah bagaikan bom waktu yang setiap saat akan meledak. Kalau tidak segera diatasi, akan mendatangkan kerawanan sosial.

“Persoalan pasar dan ikutannya termasuk penanganan sampah segera ditangani Pemkab. Kan sudah ada tempat pembuangan akhir ? atau jangan-jangan ada saling lempar tanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan pedagang. Kami harap, instansi terkait menanganinya dengan segera!,”seru Papa Cakra.

Tanggapan juga dilontarkan Ismail Mardani, personil komisi dua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Ismail Mardani. Menurutnya, ini perlu ditindak lanjuti sebab dampaknya akan berimbas pada pendangkalan pelabuhan Boroko termasuk mengganggu ekosistem laut.

“Akan kami undang instansi mencari solusi agar kelestarian alam dan kerusakan biota laut segera diantisipasi secara dini, dan perkembangbiakan ikan bisa terjaga,” singkat Mardani kalem.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...