Astaga, Bupati-BKN Diduga Dikibuli

(Info BMR) BOROKO – Proses kenaikan pangkat dan golongan PNS periode Oktober 2014 tahun lalu sukses diproses oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Bolaang Mongondow Utara. Hanya sayang seribu sayang, dari sekian ratus PNS yang diproses kenaikan pangkatnya diduga kuat ada oknum PNS yang diduga kuat sarat dengan pelanggaran. Data yang diperoleh, salah seorang oknum dari jajaran Dinas Pendidikan berprofesi guru telah mengantongi pangkat dan golongan III C. Hebatnya, oknum guru tersebut mampu mengibuli BKN dan Bupati sehingga SK kenaikan pangkatnya dinyatakan sah dan layak diproses lebih lanjut. Jadilah oknum Guru yang berinisial IR alias Indra naik pangkat ke III C.

Sumber resmi di SMP Satap Sang Tombolang menyebutkan, modus IR mengurus pangkat cukup lihai. Dimana Prosedur dan tahapan dari Kepala sekolahnya tak diketahui. Pun surat pengantar penetapan angka kredit (PAK) tak pernah diteken sang Kepsek. Diduga kuat, IR menggunakan kelihaian jari-jarinya, menyulap tanda tangan sang Kepsek.
Sudah menjadi rahasia umum, kalau oknum IR ini, kehadirannya dalam melaksanakan tugas dalam setahun  bias dihitung jari. Selain tak diketahui Kepala Sekolah, usulan  PAK yang mestinya ditandatangani oleh Pengawas pun luput dari  pengawasan.

Ridwan Ambo Dalle, salah seorang pengawas tingkat SMP yang dikenal amat teliti, mampu dikecoh dan dilewati oleh IR. Berkasnnya pun aman sampai ke BKDD yang tak tahu menahu tentang ulah IR itu. Agar aparatur daerah ini memiliki kondite yang  baik, maka sudah selayaknya, semua prosedur kenaikan pangkat mulai dari instansi diproses. Bukan main sulap-sulapan. “Demi nama baik aparatur Bolmong Utara, kami minta Bupati  menganulir pangkat III C dari oknum seperti itu. Dan ini menjadi warning bagi Bupati dan BKN tidak cepat-cepat mengesahkan atau menyetujui kenaikan pangkat seseorang harus valid datanya,”koar Iswanto Kobandaha, pemerhati Pendidikan.

Ditempat terpisah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (baca; Bolmut) Arman Lumoto, S.Ag, M.Pd.I menyayangkan hal tersebut. Dikatakannya Sebagai pendidik IR tidak seharusnya bertindak demikian sehingga dirinya minta bupati meninjau kembali kenaikan pangkat dari oknum bersangkutan. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Juliari Batubara dan Edhy Prabowo pantas Dituntut Hukum Mati

Infobmr.com – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dan ...