Angka Putus Sekolah Harus Diseriusi

Infobmr.com, BOROKO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk memperhatikan secara serius angka putus sekolah.

Anggota Komisi I DPRD Bolmut Sri Anita Potabuga mengatakan mengatakan jika siswa SMA yang sudah lulus ujian nasional belum tentu melanjutkan sekolah ke janjang perguruan tinggi. Saat ini, kata dia, banyak masyarakat yang masih memiliki pola pikir bahwa lulus SLTA saja sudah cukup dan tidak perlu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Padahal saat ini standar pendidikan terus meningkat. Untuk lulusan SMA sangat sulit mendapat pekerjaan.

Sehingga itu, Ia pun meminta Pemkab melalui Dinas Pendidikan untuk ikut mendata bahkan memfasilitasi para siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan. Melalui program yang dijalankan, baik itu bantuan atau beasiswa, Pemkab bisa mendorong masyarakat untuk terus melanjutkan pendidikan.

“Saat ini masih ada yang berpikiran untuk menikahkan anaknya ketika lulus SMA. Hal ini perlu dihindari, dan harus mendahulukan pendidikan, karena pendidikan sangat penting bagi masa depan. Apalagi era ekonomi Asean ini, masyarakat dituntut untuk memiliki keterampilan dan keahlian termasuk standar pendidikan yang memadai,” jelasnya.

Diharapkan, standar minimal pendidikan haruslah memadai, karena  lulusan SMA saja saat ini sudah jarang mendapat kesempatan dalam dunia usaha.[dan]

Angka Putus Sekolah Harus Diseriusi

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal China bernama “Ryze Tech” menjual ...