Menteri Sosial Tri Rismaharini usai mengikuti rapat terbatas di Istana Negara (29/12). Rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, itu membahas rencana pelaksanaan bansos tahun 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini usai mengikuti rapat terbatas di Istana Negara (29/12). Rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, itu membahas rencana pelaksanaan bansos tahun 2021

Januari 2021, Pemerintah Salurkan Bansos Serentak Ke Seluruh Indonesia

Infobmr.com , – Bantuan sosial bagi warga yang terdampak Covid-19 ,dari pemerintah bakal cair mulai 4 Januari 2021 mendatang. Pemerintah mewanti-wanti warga tak menggunakan bansos untuk membeli rokok.

kabarnya, Bansos 2021 yang tadinya berbentuk sembako untuk masyarakat di wilayah Jabodetabek itu diubah menjadi bantuan tunai.

Muhadjir menyampaikan hal tersebut didampingi oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini seusai mengikuti rapat terbatas dengan topik “Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2021” yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

“Adapun penggunaan untuk bantuan langsung tunai saya minta kepada keluarga penerima manfaat untuk mematuhi sesuai dengan pedoman yang telah diterbitkan oleh Kementerian Sosial antara lain untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan masalah pangan,” tambah Muhadjir.

Sementara itu, Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk pencairan bansos. Rencananya, bansos sudah disalurkan mulai 4 Januari 2021, dengan target penyaluran selama satu minggu di seluruh Indonesia.

“Tidak ada lagi untuk pembelian rokok, dan kami akan pantau,” jelas Risma dalam keterangan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/12/2020).

Risma menambahkan, warga harus menggunakan bansos untuk kebutuhan makan sehari-hari. Pemerintah segera mengeluarkan tools untuk memantau pemakaian bansos ini.

“Insya Allah pada bulan Februari ini akan ada tools untuk mengetahui uang itu akan dibelanjakan untuk apa saja,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, penerima bansos tahun depan yakni 18,8 juta warga. Data ini sekarang masih digodok didaerah, sebelum kemudian dikembalikan ke pusat pada 1 Januari 2021.

Risma mengaku pihaknya tak ada libur saat Tahun Baru ini. Percepatan penyaluran bansos supaya terdapat perputaran ekonomi saat pandemi.

“Karena itu, sekali lagi, jangan sampai penerima bantuan ini untuk kesehatan namun kemudian ada masalah (kesehatan) karena digunakan untuk rokok,” tandasnya.

[Tr-06]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Kapolri saat turun ke pasar untuk memastikan ketersediaan Minyak Goreng

Pastikan Ketersediaan Minyak Goreng, Kapolri Jelajahi Pasar

INFOBMR, NASIONAL – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun langsung ...