inilah rumah warga yang ikut dirusak oleh aparat Polhut
inilah rumah warga yang ikut dirusak oleh aparat Polhut

Aktifitas Perkebunan di Hentikan, Petani Nunuka Mengeluh

Infobmr,com, BOROKO – Pemerintah Daerah Bolmong Utara (Bolmut) dinilai kurang peduli terhadap persoalan yang menimpah sejumlah petani di Desa Nunuka Kecamatan Bolangitang Timur yang dirugikan akibat pembabatan tanaman perkebunan yang di lakukan oleh aparat Polisi Kehutanan beberapa bulan lalu.

Berbagai upaya yang ditempuh, namun hingga kini belum di respon sama sekali. Malahan aktifitas perkebunan justru dihentikan akibatnya..? petani pun merugi.

“Seharusnya kami sudah bisa beraktifitas dilahan perkebunan. Lihatlah, keadaan kami, beginilah kenyataan kami hari-hari ini, tanpa kepedulian pemerintah,” ungkap Satwan Ratusmanga salah satu warga Nunuka.

Satwan menyampaikan, sejak lahan pertanian mereka dibabat dan aktifitas berkebun dihentikan beberapa bulan lalu, kini sebanyak 40-an Kepala Keluarga Petani dan keluargnya hanya bisa bekerja serabutan untuk mempertahankan hidup.

Dia mengungkapkan, para petani malah tidak tahu menahu mengapa tanah perkebunan mereka yang sudah dimiliki dan di olah sebagai ladang berkebun sejak bertahun-tahun tiba-tiba saja di babat oleh aparat Polhut tanpa ada pemeberitahuan sebelmunya

“Kini semua jadi pengangguran, tanaman kami dibabat aktifitas kami dihentikan . Harusnya, pemerintah ada ketegasan. Kami mau hak kami kembali. Jangan bersikap seperti kolonial saja” ujarnya.

Seperti diketahui, bahwa kamis  26/11/2015 silam, satuan Polhut Bolmut membabat habis seluruh tanaman perkebunan warga Desa Nunuka, karena diduga aktifitas perkebunan warga suda memasuki kawasan hutan lindung yang sebelumnya di kuasai HPH. (Ramdan

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...