Aksi Penipuan Via Telepon Marak

Guru Paud Jadi Korban

(Info BMR) BOROKO – Aksi penipuan dengan bermodus sms mengatasnamakan BKD Bolmut kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang Guru Tidak Tetap (GTT) bernama Juliha Gobel yang mengabdi di Paud Beringin Jaya Saleo, Kec. Bolangitang Timur.

Menurut penuturan korban, kejadiannya bermula pada Rabu (20/5) pagi dia menerima telpon   dengan nomor 085222118364 dan mengaku bernama Yusuf Lakoro bertugas di BKN Pusat.

Hampir bersamaan, Kepsek  Paud Beringin jaya, Nurmala Pontoh pun menerima sms dari nomor yang sama. Isi sms, menyampaikan bahwa salah seorang gurunya lolos PNS.

Sementara itu, si penelpon gelap kepada korban,  Juliha Gobel menyampaikan bahwa dia dinyatakan lulus sebagai PNS. Selanjutnya diminta untuk melengkapi berkas persyaratan, plus uang sejumlah Rp 5 juta ditransfer ke rekening dengan nomor : REK BRI 657901000482508 atas nama Iin  Megantoro dengan catatan tak usah di ekspos ke siapapun.

Merasa bahwa ini adalah benar dari BKD karena perkataan yang meyakinkan, maka tanpa fikir panjang, korban dengan cepat mengusahakan sejumlah uang yang diminta dan ditransfer ke rekening tersebut.

Belakangan baru diketahui setelah di cek ke BKD bahwa ternyata tidak ada oknum yang bernama Iin Megantoro dan tidak ada permintaan berkas dan uang sebagaimana yang diminta.

Tidak hanya itu, penipuan juga menimpa kepada GTT di Paud Nunuka, Menurut penuturan dari Kepala Paud Sangato Nunuka bahwa salah satu GTT yang mengabdi di Paud Nunuka bernama Erni Kohongia, juga menerima sms dan telpon senada.

Namun untunglah Erni tidak sempat mentransfer uang yang diminta karena telah mendapat info dari korban yang pertama, Juliha Gobel. (tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...