Gambar Ilustrasi

AKI Melahirkan Di Bolmut Meningkat !

Masuk  Tiga  Besar di Sulut

(Info BMR) BOROKO – Tanda  awas bagi dunia  kesehatan  Bolaang Mongondow Utara. Betapa  tidak, data  yang  dibeber Dinas  Kesehatan  Provinsi  Sulawesi Utara, Angka Kematian Ibu (AKI) Melahirkan di Bolaang Mongondow Utara terbilang tinggi. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara masuk tiga besar di angka kematian ibu melahirkan tertinggi di Sulut. Bahkan Angka kematian ibu melahirkan  di Bolmut mampu mengalahkan kota Manado dan Kabupaten Bolmong Timur dengan torehan tiga kasus kematian ibu melahirkan selama setengah tahun terakhir.

Kadis Kesehatan Provinsi Sulut Grace Punuh M.Kes melalui bidang Kesehatan dan gizi Dorlendje Hangewa SKM saat berkunjung ke Bolmut  Selasa (18/8).

Tiga kasus merupakan angka tertinggi meskipun kota Manado terdapat enam kasus tapi jika melihat jumlah penduduk Manado dibawah dari Bolmut yang hanya memiliki jumlah penduduk yang sedikit,” terang  Hangewa.

Menurutnya, cara mengantisipasi kematian ibu melahirkan bisa dilakukan dengan cara membangun kordinasi dengan ibu-ibu yang ada di desa dengan memberikan penyuluhan dan bimbingan soal antisipasi dan penanganan dini  menghadapi persalinan. “penanganan dini tidak serta merta harus dilakukan oleh tim medis tapi diharapkan para ibu-ibu tim penggerak PKK yang ada di Desa, berperan aktif sehingga penangan bisa optimal menunggu datangnya tim medis,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinkes Bolmut Jusnan Mokoginta MARS usai memberikan materi Review manajemen pelaksana layanan ANC terpadu kelas bagi kabupaten kota, membenarkan soal tingginya angka kematian ibu melahirkan di Bolmut. Menurutnya, angka kematian ibu melahirkan diakibatkan kurangnya kordinasi pihak kelurga dengan tim medis yang ada di desa, serta jauhnya rumah sakit rujukan saat terjadi pendarahan dan kondisi pasien yang melemah.

Kami sedang mengupayakan agar kematian ibu melahirkan menyentuh angka nol. Program sosialisasi terhadap para ibu-ibu sementara kami lakukan sehingga penangan bisa dimulai dari desa,” tutupnya. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...