3 Program Utama BUMDes Bolugo Boroko Timur

Infobmr.com, BOROKO  –   Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Boroko Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) serta memaksimalkan penggunaan dana desa. Maka Pemerintah Desa Boroko Timur meluncurkan tiga program utama untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bolugo.

Program tersebut meliputi pengadaan 5 unit gajebo di Kawasan Pantai Batu Pinagut, 1 unit usaha perdaganan Alat Tulis Kantor (ATK) dan Percetakan, serta peningkatan unit usaha kreatif rumahan untuk ibu rumah tangga.

6 unit gajebo milik Bumdes Bolugo di kawasan Pantai Batu Pinagut

Ketua BUMDes Bolugo, Reba Babay kepada awak media, Senin (13/08/2017) mengatakan, Bumdes ini sudah beroperasi sejak bulan november 2016, dan saat ini kami memiliki tiga program utama yang semuanya bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Bolugo adalah kata lain dari Boroko Timur, karena itu kami beri nama Bumdes Bolugo. Ada tiga program utama di Bumdes ini yakni, 6 unit gajebo di Pantai Batu Pinagut, 1 unit usaha percetakan yang didalmnya ada ATK, sablon kaus serta cutting stiker, yang saat ini sudah bekerja sama dengan sejumlah SKPD di Bolmut, dan juga ada industri rumahan bagi ibu rumah tangga yang saat ini dalam pengembangan.” Terangnya

Lebih lanjut, pria yang gemar memakai kacamata itu mengatakan, di tahun 2016 anggaran yang dipakai sebesar Rp 187 juta, dan untuk tahun 2017 ini sebesar Rp 300 juta.

“Anggaran Bumdes di tahun 2017 ini baru mengambil Dana Desa yang 60% sebesar Rp 187 juta dari total Rp 300 juta, sedangkan sisanya tinggal menunggu dana desa yang 40%.” ujar Babay.

Senada dengan hal itu, Kepala Desa Boroko Timur Robby Pakaya mengatakan, pihaknya turut berbangga atas keberadaan Bumdes Bolugo, beserta sejumlah program yang ada didalamnya.

“Saya terus mengapresiasi langkah Bumdes Bolugo dengan sejumlah programnya, meskipun belum bisa dikatakan berhasil 100%, minimal tanda-tanda keberhasilannya mulai nampak, diantaranya mampu mempekerjakan masyarakat sekitar serta memaksimalkan potensi dan kearifan lokal desa ini.” tegas Kepala Desa muda itu. [chan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...