salah satu rumah penduduk

13 Desa Terendam Banjir

Diguyur Hujan Semalaman

(info BMR) BOROKO-Hujan deras yang melanda Kecamatan Pinogaluman, Minggu 18 Januari 2015 menyebabkan sejumlah desa di kecamatan tesebut di rendam banjir. Hujan yang mengguyur selama tiga belas jam itu, menyebabkan banjir menggenangi rumah penduduk di 13 desa di wilayah pinogaluman. Pantauan langsung reporter media ini hujan deras mengakibatkan genangan air setinggi lutut orang dewasa. Genangan air juga merendam sejumlah persawahan di kecamatan itu.

Desa desa yang terendam bajir adalah, Tontulow induk, Tontulow Utara, Kayuogu,Padengo, batu bantayo, Dalapuli Barat, Dalapuli timur, Buko Induk, Tombulang Timur, Tombulang Pantai dan yang terparah di Tombulang Induk.

Irman warga desa Tuntulow kepada media ini mengeluhkan bahwa Desa Tontulow bersatu sudah menjadi langganan banjir namun sampai dengan saat ini tidak ada perhatian dari pemerintah Daerah untuk mengatasi masalah yang sudah setiap musim penghujan terjadi itu.
Senada juga disampaikan oleh Pudin warga Dalapuli dikatakannya bahwa setiap musim penghujan datang, sawah mereka terendam banjir sehingga sering terjadi kerugian petani karna sudah pasti gagal panen. “kami minta pemerintah untuk dapat memperhatikan masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Pinogaluman. Karena selama ini kami sering dirugikan kalau datang musim hujan,”tutur Pudin.

Pernyataan Irman dan Pudin sangatlah beralasan, berdasarkan pantauan langsung memang di beberapah titik terparah tidak terdapat drainase yang menjadi saluran Air. Akibatnya daerah tersebut menjadi langganan banjir.
Kekesalan pun datang dari ibu Lisna warga Tombulang yang rumahnya terendam banjir. “tiap tahun torang perumah Ta rendam, tapi dorang nyanda jaga bekeng ini saluran air, Dorang solupa stouw  dorang pe janji-janji,” tutur lisna dengan nada kesal.

Sementara itu Ketua Komisi II Dekab Bolmut Rahman Dontili meminta kepada pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait, untuk dapat memprioritaskan pembangunan drainase di Kecamatan Pinogaluman karena hamper setiap musim hujan air merendam rumah warga, sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat. (dan)
1
2

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...