Penimbunan Di Kawasan Pelabuhan Tak Kantongi Izin

(Info BMR) LOLAK – Kawasan pelabuhan Labuang Uki, yang direncanakan untuk untuk pengembangan pelabuhan perhubungan di Bolaang Mongondow (Bolmong) diwarnai aksi penimbunan yang dilakukan oleh beberapa oknum pengusaha. Pantauan Info Bmr, penimbunan oleh oknum pengusaha tanpa itu tak mengantongi izin dari pemerintah daerah Bolmong. Hal ini menimbulkan kritikan, salah satunya Rahmat Algaus, SH yang mengatakan, di lokasi-lokasi yang di timbun oleh beberapa oknum pengusaha tersebut peruntukannya untuk perluasan pelabuhan labuan uki. “Apapun alasannya kegiatan penimbunan alias reklamasi harus mengantongi ijin. Pemkab Bolmong harus tegas melarang ulah mereka,” tegas Algaus. .

Ia pun menambahkan kalau pengusaha tersebut melanggar undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Dimana pada pasal 34 bahwa reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di lakukan untuk meningkatkan manfaat dan nilai teknis dari aspek teknis, lingkungan sosial dan ekonomi. “Nampak jelas ada regulasi pemerintah yang dilanggar oleh oknum-oknum pengusaha tersebut sehingga perlu ada tindakan tegas dari pemerintah,”tambahnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Bolmong Ramlah Mokodongan mengatakan kalau kegiatan tersebut di luar sepegetahuan pihaknya. “Permohonan izin dari oknum pengusaha tersebut belum pernah ada dikami. Dan untuk izin reklamasi prosesnya itu sangat panjang hingga di kementerian dengan rekomendasi dinas terkait di daerah,”jelas mantan Kabag Keuangan itu. Senada di sampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bolmong Ir Hi Moh Yuda Rantung kalau kegiatan reklamasi di labuan uki belum mengantongi ijin.(aji)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...