Ketua Komisi I DPRD Yusra Alhabsyi

Pemkab Diminta Intens Sosialisasi UU Desa

(Info BMR) BOLMONG— Sebelum diterapkan,  UU Nomor : 6/2014 (UU No:6 /2014) tentang desa.  Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong)  diimbau harus melakukan sosialisasi kesemua desa. Menurut Ketua Komisi I DPRD Yusra Alhabsyi, dalam UU tersebut ada sejumlah aturan baru, salah satunya yakni dana desa yang menembus angka miliaran perdesa.

“Sosialisasi kepada seluruh pihak terkait terutama kepala desa
(Kades), sekretaris desa (Sekdes) dan perangkat desa lainnya wajib
dilakukan hingga aparat desa memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang regulasi tersebut,” kata alumnus  STAIN Manado itu.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, langkah itu harus dilakukan Pemkab agar dalam pelaksanaannya masyarakat tidak berbeda penafsiran. “Apalagi soal dana desa yang kini diperbincangkan mencapai angka miliaran. Padahal, ada formula sendiri dalam menentukan besaran anggaran desa.  Mengingat besarnya alokasi anggaran yang akan dikelola desa, selain merupakan anugerah sekaligus musibah.

“Apabila tidak hati-hati dalam pengelolaannya, baik dalam hal
perencanaan, penatausahaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban maupun pelaporannya,” ujarnya.   Hingga saat ini katanya, belum ada petunjuk teknis (Juknis) mengenai penerapan UU tersebut.

Sejumlah warga ikut menanggapai rencana penerapan UU desa. Sufandri Damogalad,SIP warga Lolak berpendapat, ke depan calon Kades harus mempunyai kemampuandalam mengelola keuangan hingga miliaran. “Aparat desa harus di berikan pembekalan baik dalam pengelolaan keuangan maupun administrasi. Tutupnya. (Aji)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...