Taufik Mokoginta

Dukung Swasembada Pangan

Bolmong Canangkan Gerakan Perbaikan Pembangunan Irigasi

(INFO BMR) LOLAK – Untuk mewujudkan program pemerintah pusat Presiden RI Joko widodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla, Kabupaten Bolmong, mulai menerapkan  swasembada beras tahun 2015.Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bolmong Taufik Mokoginta, produksi beras Bolmong pada tahun lalu (2014), dimana mencapa i 139.000 ton.

“Sesuai data yang dimiliki Dinas Pertanian, Kebutuhan beras warga Bolmong hanya sekitar 60 ribu ton, sedangkan produksi beras 139.000 Ton pertahun,” kata Taufik, , kepada sejumlah wartawan. Bahkan, kata Taufik, beras itu juga mampu memenuhi kebutuhan warga di 7 (tujuh) Kabupaten lainya di Sulawesi Utara (Sulut).

“Setengah dari kebutuhan beras di Sulut bisa dipenuhi Bolmong. Minimal 46 persen beras di Sulut berasal dari Bolmong,”ucap Taufik. Untuk itu, guna mensukseskan program swasembada beras, Bolmong dapat bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 40 miliar. “Bantuan pemerintah pusat itu, akan digunakan untuk pencetakan sawah baru dan pembuatan serta perbaikan irigasi,” imbuhnya.
Sementara itu, Tokoh Pemuda  Kecamatan Sang Tombolang Rahmat Algaus, SH, berharap di kec. Sang Tombolang akan mendapatkan bantuan untuk percetakan sawah baru. Sebab, lahan untuk penambahan sawah baru masih luas dan Cempaka, Ayong dan Babo adalah desa diwilayah Kecamatan sang Tombolang yang setiap musim panen beras memproduksi Ribuan Ton beras.

“sehingga kami sangat membutuhkan penambahan sawah baru karna masi banyak petani kita yang tidak punya lahan sehingga hanya sistim sewa atau bagi hasil terhadap pemilik sawah,”ungkap . (Aji)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...