dr. Jusnan Mokoginta, MARS

Dinkes Bolmut Gelar Pelatihan Petugas Epidemiologi

(Info BMR) BOROKO – Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong Utara, Senin (08/06), menggelar pelatihan petugas Epidemiologi  di Aula Dinkes setempat. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama hingga tanggal 10 juni mendatang. Kadis Dinkes Bolmut dr Jusnan Mokoginta MARS mengatakan, untuk dapat mewejudkan respon Kejadian Luar Biasa (KLB) yang cepat, diperlukan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang cukup dari para petugas yang terjun kelapangan.

Kenyataan tersebut mendorong kebutuhan para petugas di lapangan untuk memiliki pedoman penyelidikan dan penanggulangan KLB yang terstruktur. Sehingga, memudahkan kinerja para petugas mengambil langkah-langkah dalam rangka melakukan respon KLB.

Penyelidikan dan penaggulangan KLB sangat bergantung dari kemampuan petugas pelaksana. “Salah satu tantangan dan sekaligus keunggulan seorang ahli epidemiologi adalah pada kemampuan melakukan penyelidikan suatu kejadian Luar Biasa”, ujarnya.

Dia menjelaskan, tujuan dari kegiatan itu yakni meningkatkan kemampuan peserta dalam hal penyelidikan kasus KLB, kasus yang berpotensi KLB dapat ditanganani dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, menurunkan frekwensi KLB penyakit menular dan keracunan pangan dan data hasil pelacakan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Sementara itu, Kabis P2 Dinkes Bolmut Yani Lasama SKM menuturkan, jika KLB sering kali diikuti dengan kejadian yang sangat cepat, banyak orang terserang dan luas wilayah yang terserang sangat luas, serta dapat mencemaskan berbagai pihak.

“Satu petugas dengan petugas lain sering kali saling menyalahkan, bahkan masyarakatpun disalahkan. Jadi pada situasi seperti ini diperlukanseorang ahli epidemiologi, yang dituntut selalu bertindak tenang, professional, berpegang pada dasar-dasar ilmiah, pendekatan sistematik, dan berorientasi pada upaya penyelamatan dan pencegahan pada populasi yang mengalami KLB”, jelasnya.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...