BOLMONG UTARA MEMPERTAHANKAN OPINI WDP BERTURUT-TURUT

Bolmut Pertahankan Gelar WDP

Hasil LHP BPK-RI

(Info BMR) MANADO – Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sulawesi Utara mengganjar Kabupaten Bolmong Utara dengan Wajar Dengan Pengecualian (WDP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2014. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK diterima langsung oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh Kamis, (4/6) Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Bupati Saat Menandatangani Berita Acara Penyerahan LHP

Bupati Saat Menandatangani Berita Acara Penyerahan LHP

Dalam sambutanya, Kepala BPK Andi Kangkung Lologau, MM, Ca mengatakan, LHP BPK ini bertujuan untuk memberikan opini terhadap LKPD yang meliputi beberapa kriteria diantaranya kesesuaian LPKD dengan standar akuntansi daerah, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, Efektifitas pengendalian interen dari penyusunan sampai pelaporan Keuangan daerah, serta kelengkapan pengungkapan (penyajian) LKPD dalam hal memberikan informasi yang lengkap. LHP BPK yang diserahkan kepada Pemerintah Daerah terdiri dari Opini terhadap LKPD, Kelemahan-kelemahan sistem pengendalian keuangan Pemerintah Daerah dan rekomendasi-rekomendasi perbaikan, dan Kepatuhan terhadap aturan Perundang-undangan.

Andi berharap, perlu komitmen bersama dari seluruh unsur yang ada di Pemerintah Daerah untuk memperbaiki pengelolaan Keuangan. LKPD bukan hanya tanggungjawab Bupati, setiap pimpinan SKPD harus membuat Laporan Keuangannya sebab Kepala SKPD adalah pengguna anggaran dan barang serta yang paling mengetahui jumlah aset dan penggunaannya, sehingga tidak ada lagi permasalahan mengenai aset-aset tetap yang informasinya tidak tersaji dengan baik dalam laporan.

Bupati Bolaang Mongondow Utara dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada BPK atas opini WDP terhadap LKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2014, hasil ini merupakan motivasi kepada pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan sesuai dengan rekomendasi yang ada, tahun depan Pemerintah Daerah menargetkan untuk meraih opini WTP.

Ketua DPRD Bolmut, Bapak Karel Bangko, SH Saat Meneriha LHP dari Kepala BPK Andi Kangkung Lologau, MM, Ca

Ketua DPRD Bolmut, Bapak Karel Bangko, SH Saat Menerima LHP dari Kepala BPK Andi Kangkung Lologau, MM, Ca

Sementara itu,Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Karel Bangko, SH menyampaikan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara merupakan daerah baru, sehingga membutuhkan perbaikan-perbaikan terutama dalam pengelolaan keuangan. Mengenai Opini BPK, Ketua DPRD berjanji ke depan masalah aset tidak akan terjadi lagi. Pemerintah Daerah dan DPRD akan bekerja sama untuk menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi perbaikan yang diberikan oleh BPK.

Penyerahan LHP Bolmong Utara turut dihadiri Kepala Sub Auditor Sulut II Bagus Pantja, Kepala Sub Auditor Sulut I Dadek Nadimar, Ketua Tim Tutus Sulaeman, SEKDA Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. Reky Posumah, M.Si, para asisten, pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...